Powered by Blogger.

Pentingnya Peranan Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak

Pada kali ini saya akan membahas topik yang menarik yaitu tentang Pentingnya Peranan Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak. Baru-baru ini telah dirilis sebuah penelitian yang telah berlangsung selama 75 tahun, ya saya tidak salah mengetik dan andapun tidak salah membaca tepat 75 tahun yang dilakukan oleh Harvard Medical School. Penelitian ini telah dimulai sejak tahun 1938 dan sampai sekarang terus berlangsung higga saat inidengan melacak kehidupan responden hingga puluhan tahun lamanya. 

Dengan kata lain, kehidupan responden sejak tahun 1938 hingga sekarang terus dilacak setiap tahun untuk menemukan faktor apa saja yang mementukan kehidupan yang satisfying life atau yang diartikan dalam bahasa indonesia adalah kehidupan yang bermakna baik secara finansial, sosial, dan spiritual. Para ilmuwan itu memang pada gila sih, ya banyangin aja ngabisin waktunya 75 tahun hanya untuk melakukan penelitian tentang kehidupan yang bermakna demi masa depan ilmu sosial.
Penelitian dari Harvard Medical School ini menemukan banyak sekali temuan yang sangat penting. Berikut ini saya akan membahasnya bebrapa saja. Salah satu temuannya adalah tingkat kedekatan anak dengan sang ibu pada saat kanak-kanak adalah prediktor kunci dalam menentukan kesuksesan responden puluhan tahun kemudian atau masa depan anaknya. “The warmth of your childhood relationship with your mommy matters long into adulthood”, demikian penelitiannya menulis. Responden yang memiliki relasi atau hubungan yang hangat dengan ibunya saat masih kanak-kanak, pasti akan lebih sukses, lebih sehat, dan lebih bahagia hingga 50 tahun kemudian.
Penelitian selama 75 tahun itu mengkonfirmasi yaitu kedekatan atau kehangatan anak dengan sang ibu pada saat kanak-kanak, benar-benar penting peranannya dalam menentukan nasib si anak kedepannya. Mari kita semua renungkan, bagi ibu-ibu yang sudah memiliki anak kecil atau sudah remaja. Apakah anda memiliki hubungan yang dekat atau hangat dengan anak-anak anda ?
Bagi para istri atau ibu-ibu yang memilih menjadi “wanita karir” pasti akan timbul perasaan dilema. Waktu yang tersisa untuk anak otomatis hanya pada saat libur ngantor yaitu hari sabtu dan minggu saja, 2 hari tersebut terasa tidk akan cukup untuk quality time dengan anak-anak tercinta kita. Para ibu mungkin berangkat dari rumah untuk ngantor mulai jam 6 pagi dan sampai rumah pun sekitar jam 7 malam, ini menandakan hampir 13 jam para ibu berada diluar rumah dengan sangat terpaksa sang anak akan jauh lebih dekayt dengan babysitter atau pengasuh anak yang setiap hari menemani sang anak.  Bahkan tidak jarang sang anak jauh lebih nyaman berada didekat si pengasuh dibandingkan dengan ibunya sendiri, ini merupakan hal yang sangat menyakitkan tentunya untuk sang ibu.

Memang tidak ada yang salah menjatuhkan pilihan menjadi wanita karir akan tetapi anak adalah titipan tuhan yang sangat berharga. Bukan uang yang membuat anak kita bahagia akan tetapi keberadaan dan perhatian orang tua lah yang terpenting dimasa-masa emas si anak. Hal yang perlu kita ingat adalah uang memang salah satu variabel penting dalam kehidupan ini akan tetapi uang bukanlah segalanya. Kedekatan dengan anak mrupakan hal yang tak ternilai harganya bahkan dengan seluruh uang yang ada didunia ini. Jadi pilihlah pilihan yang bijak untuk masa depan si anak dimasa depan, uang bisa dicari tapi kebahagiaan dari orang tercinta adalah hal yang utama. Sekian dengan pembahasan saya tentang Pentingnya Peranan Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak, bila ada pertanyaan atau komentar  langsung aja tanya atau komen di kolom komentar dan semoga informasi yang saya berikan bisa menambah ilmu kita semua. Terima kasih telah mengunjungi blog saya.

Kunjungi juga web saya lainnya untuk informasi lain

0 Komentar untuk "Pentingnya Peranan Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak"

Back To Top