Powered by Blogger.

Hewan Qurban dan Tradisinya

Ok kawan semua kali ini saya kan membahas tentang Hewan Qurban dan Tradisinya. Hanya dalam hitungan beberapa hari kedpan kita semua umat islam akan mengalami hari yang sangat penting yaitu Hari Raya Idul Adha yang tepet jatuh pada hari minggu ini. Untuk para pekerja ini agak gak enak yah karena tanggal merahnya pas banget hari minggu bukan hari senin, kalau hari senin kan enak banget tuh sabtu minggu minggu alias tiga hari berturtut-turut. Tiga hari tersebut bisa digunakan untuk banyak hal mulai dari istirahat dirumah, berkunjung kerumah orang tua atau bahkan sampai bisa juga untuk liburan pendek keluar kota meninggalkan penat sejenak dengan apa yang biasa kita lakukan setiap harinya ditempat kerja masing-masing.
Balik lagi ketema utama yaitu Hewan Qurban, pada umumnya di indonesia hewan yang dapat diqurbankan adalah sapi dan kambing akan tetapi ada banyak hewan lainnya yang dapat diqurbankan seperti unta, kerbau dan domba. Dikarenakan ketiga hewan tersebut agak sulit untuk ditemukan penjualnya maka dari itu umumnya hanya sapi dan kambing saja yangumumnya kita liat untuk diqurbankan. Hukumnya satu kambing diperuntukan hanya untuk satu orang bisa yang untuk sudah meninggal ataupun yang masih hidup tetapi kalau satu ekor sapi dapat diperuntukan tujuh orang bisa yang untuk sudah meninggal ataupun yang masih hidup. Oh iya ada ketentuan batas umur minimal untuk hewan yang ingin diqurbankan untuk kambing minimal umurnyaq 1 tahun, domba minimal umurnya 6 bulan, sapi minimal umurnya 2 tahun dan untuk unta minimal umurnya 5 tahun, ditentukan seperti itu dimaksudkan hewan qurban yang diberikan memiliki daging yang banyak dan berkahnya pun banyak. Biasanya hewan qurban yang kita beli akan diberikan tanda berbentuk angka atau inisial nama pembeli agar memudahkan kita untuk mengenalinya nanti saat memberinya ke masjid atau mushola yang akan kita tuju.
Setelah sholat ied adha biasanya sekumpulan anak-anak dan orang tua beramai-ramai mendatangi masjid terdekat untuk melihat penyembelihan hewan qurban yang telah diserahkan oleh pihak panitia qurban. Tradisi ini memang sangat mengasyikan sih, kita bisa anteng berdiri melihat dari dalam atau luar masjid hanya untuk hewan qurban disembelih. Momen perlawanan hewan qurban khusunya sapi adalah hal yang sangat menarik untuk dilihat karena sapi tidak menyerahkan nyawanya begitu saja setidaknya butuh empat sampai 6 orang untuk menjatuhkan sapi dengan bantuan tali tambang atau sejenisnya.
Melihat sayatan demi sayatan yang diberikan oleh tukang jagal kehewan qurban menjadi tontonan yang langka karena hanya setahun sekali dan tak boleh terlewatkan. Sekian kawan semua pembahasan saya tentang Hewan Qurban dan Tradisinya, bila ada pertanyaan atau komentar langsung aja tanya atau komen di kolom komentar dan semoga informasi yang saya berikan bisa menambah ilmu kalian. Terima kasih telah mengunjungi blog saya kawan dan kalau bisa follow ane @suharsooo :D
0 Komentar untuk "Hewan Qurban dan Tradisinya"

Back To Top